Home » , » NET Framework (DotNet)

NET Framework (DotNet)


      .NET Framework (diucapkan dot net) adalah kerangka kerja perangkat lunak yang dikembangkan oleh Microsoft yang berjalan terutama pada Microsoft Windows. Ini termasuk perpustakaan kelas besar yang dikenal sebagai Class Library Framework (FCL) dan menyediakan interoperabilitas bahasa (bahasa masing-masing dapat menggunakan kode yang ditulis dalam bahasa lain) di beberapa bahasa pemrograman. Program yang ditulis untuk .NET Framework mengeksekusi dalam lingkungan software (sebagai kontras dengan lingkungan hardware) yang dikenal sebagai Common Language Runtime (CLR), aplikasi mesin virtual yang menyediakan layanan seperti keamanan, manajemen memori, dan exception handling. (Dengan demikian, kode komputer yang ditulis menggunakan .NET Framework disebut "kode dikelola".) FCL dan CLR bersama-sama merupakan Framework.

      FCL menyediakan antarmuka pengguna, akses data, konektivitas database, kriptografi, pengembangan aplikasi web, algoritma numerik, dan komunikasi jaringan. Programmer menghasilkan perangkat lunak dengan menggabungkan kode sumber mereka sendiri dengan .NET Framework dan perpustakaan lainnya. .NET Framework dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar aplikasi baru yang dibuat untuk platform Windows. Microsoft juga menghasilkan sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi sebagian besar untuk NET perangkat lunak yang disebut Visual Studio.

    .NET Framework dimulai sebagai kerangka milik, meskipun perusahaan bekerja untuk standarisasi software stack segera, bahkan sebelum rilis pertama. Meskipun upaya standardisasi, pengembang-khususnya di Foss masyarakat-mengungkapkan kegelisahan mereka dengan istilah yang dipilih dan prospek dari setiap implementasi bebas dan open source, khususnya yang berkaitan dengan paten perangkat lunak. Sejak itu, Microsoft telah berubah pengembangan NET untuk lebih dekat mengikuti model kontemporer dari proyek software komunitas-dikembangkan, termasuk mengeluarkan update untuk janji paten untuk mengatasi masalah.

      Framework menyebabkan keluarga NET platform menargetkan komputasi mobile, perangkat embedded, sistem operasi alternatif dan plugin browser. Sebuah versi mengurangi dari kerangka, NET Compact Framework, tersedia pada platform Windows CE, termasuk perangkat Windows Mobile seperti smartphone. NET Micro Framework ditargetkan pada perangkat embedded parah sumber daya yang terbatas. Silverlight tersedia sebagai plugin browser web. Mono tersedia untuk banyak sistem operasi dan disesuaikan ke dalam sistem smartphone populer operasi (Android dan iOS) dan mesin permainan. NET Inti menargetkan cross-platform dan beban kerja berbasis cloud selain Universal Platform Windows (UWP).
                              Download DotNet
                                Download DotNet for XP

0 komentar:

Post a Comment

Translate