Home » , » Microsoft DirectX

Microsoft DirectX


   Microsoft DirectX adalah kumpulan antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk tugas-tugas penanganan yang berkaitan dengan multimedia, khususnya pemrograman game dan video, pada platform Microsoft. Awalnya, nama-nama API ini semua dimulai dengan langsung, seperti Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, DirectSound, dan sebagainya. Nama DirectX diciptakan sebagai istilah singkatan untuk semua API ini (X berdiri di atas nama-nama API tertentu) dan segera menjadi nama dari koleksi. Ketika Microsoft kemudian berangkat untuk mengembangkan konsol game, X itu digunakan sebagai dasar dari nama Xbox untuk menunjukkan bahwa konsol didasarkan pada teknologi DirectX. The X awal telah dilakukan ke depan dalam penamaan API dirancang untuk Xbox seperti XInput dan Cross-platform Audio Creation Tool (XACT), sedangkan pola DirectX telah terus untuk Windows API seperti Direct2D dan DirectWrite.

    Direct3D (API grafis 3D dalam DirectX) secara luas digunakan dalam pengembangan video game untuk Microsoft Windows, Sega Dreamcast, Microsoft Xbox, Microsoft Xbox 360, dan Microsoft Xbox One. Direct3D juga digunakan oleh aplikasi perangkat lunak lain untuk visualisasi dan grafis tugas seperti teknik CAD / CAM. Seperti Direct3D merupakan komponen paling banyak dipublikasikan dari DirectX, itu adalah umum untuk melihat nama "DirectX" dan "Direct3D" digunakan secara bergantian.

  DirectX software development kit (SDK) terdiri dari perpustakaan runtime dalam bentuk biner disebarkan kembali, bersama dengan menyertai dokumentasi dan header untuk digunakan dalam pengkodean. Awalnya, runtimes hanya dipasang oleh game atau eksplisit oleh pengguna. Windows 95 tidak memulai dengan DirectX, tapi DirectX disertakan dengan Windows 95 OEM Service Pers 2. Windows 98 dan Windows NT 4.0 baik dikirimkan dengan DirectX, karena memiliki setiap versi Windows dirilis sejak. SDK ini tersedia sebagai download gratis. Sementara runtimes adalah proprietary, perangkat lunak sumber tertutup, kode sumber disediakan untuk sebagian besar sampel SDK. Dimulai dengan peluncuran Windows 8 Developer Preview, DirectX SDK telah terintegrasi ke dalam Windows SDK
                                             Download DirectX

0 komentar:

Post a Comment

Translate